Posted by : Mohd Asri Hj Zainal Apr 14, 2011


Tidak akan pernah habis membahas mengenai pebisnis yang sukses dan gagal dalam kehidupan kita. Jujur saja bagaimana mau dibahas lagi. Sesungguhnya sukses atau gagal dalam pekerjaan kita terutama bisnis internet berada di tangan kita sendiri.

Well, tidak ada salahnya membahas lagi dengan pandangan sendiri. Dari ratusan website maupun ribuan newsletter yang telah membahas kisah sukses dan gagal bisnis internet. Bagi yang belum pernah membaca atau sekadar membaca lagi agar menambah wawasan lebih luas lagi dari beragam orang.



Sebenarnya sih kita sukses atau gagal berbisnis internet. Tidak ada yang tahu. Hanya pada diri kita sendiri yang menentukan sukses atau gagal. Seperti kita dihadapkan dua pilihan jalan bercabang, yang satu menuju sukses dan satu menuju gagal. Di depan jalan yang bercabang terdapat berbagai kejadian yang tidak bisa kita tebak.

Ada perbedaan antara orang yang sukses dan gagal yang akan menentukan jalan hidup kita. Inilah perbedaannya dalam pandangan saya sendiri.

Orang yang sukses adalah…

berani keluar dari zona aman dan nyaman.
berani mencoba meski gagal terus.
berani menerima resiko meski kecil sekalipun.
berani menghadapi tantangan dan rintangan walau sejengkal.
Melangkah ke depan dengan mantap tanpa menoleh ke belakang.

Rasanya menyenangkan jika menjadi orang yang sukses ketika kita selalu berusaha menggapai impian yang sebetulnya berada di depan mata kita sendiri. Sungguh menyenangkan.

Bagaimana dengan orang yang gagal? Inilah orang yang gagal adalah…

Tidak mau keluar dari zona aman dan nyaman serta ingin terus berada di zona tersebut.
Tidak mau mencoba lagi ketika gagal untuk yang pertama kalinya dan menyerah begitu saja.
Tidak mau mengambil resiko dan hanya memilih yang bebas dari resiko.
Jarang atau tidak mau menerima tantangan di depan mata. Selalu menghindari.
Banyak melihat ke belakang yang membuat langkah menjadi mundur.
Menolak peluang besar yang mengandung resiko dan tantangan.

Well, ini menyedihkan kalau melihat orang yang memilih gagal atau tidak mau melanjutkan harapan ketika gagal berusaha menggapainya. Lebih menyedihkan lagi tidak mau bangkit dari kegagalan dan tetap berada dalam jurang kegagalan.

Fakta yang kita sering kita temui atau dengarkan bahwa orang yang sukses selalu bangkit dan terus mencoba hingga tujuan tercapai meski harus mengorbankan waktu, tenaga dan biaya yang tidak sedikit.

Saya masih ingat perkataan Dylan Wilk bahwa orang yang sukses selalu banyak mencoba sesuatu hingga berhasil, orang yang gagal tidak berani mencoba lagi. Kata-kata filosofi ini memiliki makna berarti bagi saya untuk terus mencoba meski gagal lagi. Tidak hanya mengalami kegagalan, tetapi apa yang didapat dari kegagalan adalah PENGALAMAN yang berharga untuk masa depan. Sebab pengalaman adalah guru kita yang lebih bijak dibanding orang lain. Jadi, untuk mengatasi kegagalan tentunya menggunakan guru pengalaman ketika mencoba atau berusaha sesuatu.

Lihat saja, saya tersentuh dengan Leanna Archer, kisah gadis belia yang sukses memasarkan produk perawatan rambut yang awalnya mencoba memanfaatkan peluang memasarkan produk tersebut hingga sukses. Meski usia terbilang masih belia dan sudah mampu mengelola perusahaan dan kini menjadi CEO Leanna Inc.

Anda tidak ingin ketinggalan begitu saja dan tetap menjadi orang yang gagal? Untuk mengawali kesuksesan dalam berbisnis internet tentunya dibutuhkan persiapan awal matang dan berbekal keyakinan yang kuat. Tidak ada alasan sukses tanpa persiapan atau keyakinan sama sekali.

well….bagaimana dengan Anda? Apakah masih ada pandangan Anda mengenai sukses atau gagal? Mari kita diskusi di sini.



Omong2, aku selalu mendengarkan lagu jepang yang berjudul “I’ll Never Lose” oleh Shizuka Itou yang berisi semangat untuk tidak mau kalah dengan lainnya dalam berusaha mengapai tujuan. Lagu ini membuat saya tetap semangat berusaha. :D

More Practisee Makes Perfect. Salam sukses sobat dan rekan…




- Copyright © Selalu Berbicara -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -